Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Senator Pelayan

Jumat, tanggal 29 Januari 2016, beberapa orang dari kami diberikan kesempatan untuk mengunjungi Arizona State Capitol, pusat perkantoran pemerintah di negara bagian Arizona. Tempat yang kami kunjungi adalah The House of Representatives, State Senate dan museum yang bersebelahan dengan pusat perkantoran ini. Salah satu tur guide kami seorang senator muda, namanya pak Andrew Sherwood. Kebetulan pak Andrew adalah senator perwakilan dari kota Scottsdale, tempat dimana kami tinggal. Beliau menjadi tur guide kami hampir sejam menerangkan banyak hal terkait sistem pemerintahan di Amerika khususnya di neg. bagian Arizona. Di Arizona mayoritas partai yang berkuasa adalah Republican dengan komposisi 60%, selebihnya adalah partai Demokrat yang hanya 40%. Jangka waktu untuk menduduki jabatan senator hanya dua tahun dan setelah itu mereka bisa mengikuti pemilihan lagi atau bahkan pensiun.
Sedikit gambaran tentang sistem pemerintahan di Amerika terkait senator. Di Amerika terbagi 50 negara bagian, di setiap negara bagian berkesempatan mengirimkan perwakilanya di pusat (Washington D.C.). Dua senator untuk setiap negara bagian yang duduk di kongres dan jumlah anggota DPR sesuai dengan populasi masyarakat. Misalnya neg. bagian California sebagai populasi terbanyak di Amerika memiliki sekitar 53 anggota DPR, sedangkan Alaska, Delawere dan Montana hanya memiliki 1 perwakilan DPR di pusat. Lain di pusat, lain juga di negara bagian, misalnya di Arizona yang memiliki 30 distrik hanya mewajibkan satu senator dan dua anggota DPRD per distrik.

 

image

Pak Andrew sementara memberi penjelasan di State Senate

 

Jika teman-teman ingin mengetahu lebih banyak tentang sistem pemerintahan bisa langsung melakukan riset ke website seperti www.house.gov atau www.whitehouse.govSaya tidak akan membahas banyak terkait sistem pemerintahan namun bagaimana seorang senator di Amerika tergambar dari sosok pak Andrew. Beliau masih muda, memiliki istri seorang rocketscience, yah istrinya bekerja sebagai ilmuwan untuk pembuatan pesawat ulang-alik di luar angkasa. Namun saat kami berputar-putar di pusat pemerintahan ini, pak Andrew yang selalu duluan membuka pintu bagaikan doorboy di hotel, penjelasan yang di berikanpun bagaikan kita lagi ikut tur di Disneyland, singkat dan mudah dipahami.

Pak Andrew meluangkan waktunya untuk menjelaskan panjang-lebar terkait pemerintahan di Arizona sekaligus menjawab semua pertanyaan yang kami ajukan, padahal mungkin jadwalnya padat di hari itu. Benar-benar sebagai seorang pelayan karena hampir tidak menunjukan kesombonganya sebagai representasi masyarakat. Dari awal tur hingga berakhir saya berimajinasi seandainya orang-orang pemerintahan di Indonesia rendah-hati kayak pak Andrew, mungkin tidak sulit kita menyampaikan keluhan, tinggal bilang saja “hei pak Martinus anak-anak desa di pelosok Timur Indonesia lagi butuh buku tolong dibantu”. Meskipun belum bisa dibantu, tapi seni dari berkomunikasi adalah seberaba sabar kita mau menjadi pendengar setia dari orang-orang di sekitar kita, dan  seberapa cepat mendengar keluhan sebelum keluhan itu hilang ditelan bumi. Mudah-mudahan suatu saat banyak orang-orang kita di pemerintahan di pusat maupun daerah memiliki hati pelayan seperti pak Andrew. (Facebook: Glend)

Referensi:

U.S. State House of Representative (https://en.wikipedia.org/wiki/United_States_House_of_Representatives)

Arizona State Senator (http://debbielesko.org/what-does-a-legislator-do)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *