Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Kilas Balik Politeknik Padamara

Program pengembangan kualitas anak – anak muda Halmahera pasti sudah lama diinisiasi oleh para “orang – orang tua” atau mereka yang lebih dulu ada dan sudah melihat lebih jauh kedepan tentang pengembangan pulau Halmahera yang mungkin sejak dahulu kala tidak terlalu dianggap keberadaranya dan masyarakatnya yang diaangap masih primitif dibandingkan dengan beberapa kerajaan kesultanan di Maluku Utara, Ternate dan Tidore yang sudah berkembang pesat sebelum era kolonial tiba di gugusan pulau paling dicari di zaman kolonial karena berlimpah hasil rempah – rempah.

Sebagai seorang alumni dari program ini, saya sangat bersyukur atas mimpi besar yang dicanangkan oleh Prof. J. Nanere dkk. Bukan hanya mimpi tapi semua telah menjadi kenyataan. Kebanyakan dari kami anak Рanak muda Halmahera yang menjadi bagian dari program Oz Team ini adalah para korban akibat konflik horizontal yang terjadi di Maluku Utara. Terima kasih untuk Politeknik Perdamaian Halmahera Tobelo yang telah dibangun untuk menampung para anak Рanak muda tanpa memandang suku dan agama. Anak muda korban kerusuhan yang pada saat itu tidak memiliki uang tapi kampus memberikan solusi untuk bisa berhutang dan mencicil biaya di kampus, padahal jika dalam ukuran perguruan tinggi biaya Рbiaya tersebut terlampau murah. Terima kasih juga untuk para dosen yang rela dibayar serabutan untuk tugas mulia.

Tidak gampang memang untuk merajut kembali benang yang putus atau menutup luka lama akibat konflik, tapi dalam dunia pendidikan segala sesuatu bisa. Pendidikan bukan hanya dalam konteks formalnya, karena pendidikan adalah interaksi, kebersamaan, belajar menangani egoisme pribadi dan mementingkan kepentingan kelompok, dalam pendidikan kita belajar toleransi dan belajar mengenal pribadi lain yang mungkin beda suku dan agama. Politeknik Perdamaian Halmahera atau yang lebih dikenal dengan Politeknik Padamara Tobelo dibangun pada tahun 2003, saat kondisi di Halmahera Utara masih memasuki masa transisi untuk proses rekonsiliasi paska konflik horizontal. Kampus ini menyadari betul bahwa proses rekonsiliasi melalui pendidikan lebih efektif dibandingkan acara seremonial, karena dalam bangku pendidikan seseorang bisa mengenal orang lain lebih dekat dan dalam jangka waktu yang lama, sehingga trauma akibat konflik dapat diminimalisir melalui pertemanan dan berbagi cerita bersama. Program Oz Team dimulai sekitar tahun 2006. Program ini dicanangkan untuk mengembangkan kapasitas anak Рanak muda Halmahera dengan mengikuti kegiatan kuliah singkat dan magang di kota Shepparton, Neg. Bag. Victoria, Australia selama 6 bulan. Untuk pembahasan tentang program Oz Team Padamara akan dibahas pada post yang berikut. Danke!

Prof. J. Nanere (kedua dari kiri) saat sosialisasi dengan tim Seamolec di Politeknik Padamara tahun 2011

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *