Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Mengenal Tes IELTS/TOEFL

Sahabat Komunitas Anak Halmahera (KAHERA) yang belum tahu tentang apa itu IELTS/TOEFL, nah’ kali ini kami akan membahas tentang kedua hal tersebut. Kepanjangan dari IELTS adalah International English Language Testing System. IELTS adalah suatu persyaratan wajib untuk yang ingin kuliah di United Kingdom (UK), Kanada atau Australia. Bahkan tidak hanya untuk kuliah, IELTS juga digunakan untuk persyaratan dalam bekerja di luar negeri. IELTS sendiri terbagi dalam dua bagian: Akademik dan Umum, silahkan cek di link ini untuk penjelasanya. Terdapat beberapa bagian yang ada dalam tes IELTS:

IELTS Table

Dalam melakukan tes TOEFL atau IELTS tidak ada istilah “tidak lulus” Anda dipastikan akan mendapatkan skor berapapun hasilnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta tes. Skor IELTS berada pada angka 1 (paling rendah) hingga angka 9 (paling tinggi). Jika ingin kuliah di luar negeri biasanya yang diminta skor IELTS berkisar 6 atau 7. Untuk try out tes IELTS bisa klik di link ini. 

Selanjutnya adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Tes TOEFL yang biasanya paling familiar untuk teman-teman di Indonesia adalah TOEFL iBT (Internet-based test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program). TOEFL iBT yang tingkat kesulitanya lebih diatas dibandingkan dengan TOEFL ITP. Selain online kita harus pintar-pintar dalam manajemen waktu saat menjawab soal-soal yang diberikan. TOEFL iBT terbagi atas beberapa bagian:

TOEFL IBT Table

Keseluruhan tes ini bisa 3,5 hingga 4 jam non-stop dengan istrahat 10 menit dan semua dijawab didepan komputer. Try out tes TOEFL IBT bisa cek disini. Skor TOEFL IBT skalanya adalah dari 0-120. Berikutnya adalah tes TOEFL ITP. TOEFL ITP biasanya digunakan untuk kepentingan internal organisasi misalnya melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang bonafid ataupun melamar beasiswa S2/S3 di dalam dan luar negeri. TOEFL ITP terbagi atas dua bagian level 1 (intermediate to advance) sekitar 2 jam durasi tes dan level 2 (high beginning to intermediate) sekitar 1 jam 10 menit. Skor TOEFL ITP berdasarkan the Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) adalah 337-627. Berikut ini tabel TOEFL ITP level 1 dan 2:

Tabel TOEFL ITP1

Tabel TOEFL ITP2

Sesuai dengan penggunaanya tentu IELTS dan TOEFL iBT yang rata-rata dipakai sebagai persyaratan untuk kuliah di beberapa negara di dunia khususnya yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Namun bukan berarti TOEFL ITP tidak digunakan, misalnya ada banyak beasiswa luar negeri yang memberikan keleluasan untuk menyertakan hasil tes IELTS, TOEFL iBT dan juga TOEFL ITP. Kami menganjurkan jika belum pernah mengikuti tes TOEFL/IELTS sebelumnya, persiapkan diri dari jauh-jauh hari dan ikuti tes TOEFL ITP. Karena karateristik tes yang berbeda-beda maka persiapan yang dilakukan harus sesuai dengan jenis tes yang akan diikuti. Kami lampirkan juga syarat skor IELTS, TOEFL iBT dan TOEFL ITP untuk tiga beasiswa luar negeri terpopuler di Indonesia versi KAHERA.

  1. Beasiswa Fulbright (Amerika Serikat). Master degree: TOEFL ITP 550 atau IELTS 6.5. PhD degree: TOEFL ITP 575 atau IELTS 7.0
  2. Beasiswa Australia Awards. Master degree: IELTS 5.5, TOEFL ITP 525 atau TOEFL iBT 69. PhD degree: IELTS 6.0, TOEFL ITP 525 atau TOEFL iBT 79.
  3. Beasiswa LPDP (luar negeri). Persyaratan umum, IELTS 6.5, TOEFL ITP 550 atau TOEFL iBT 79.

Silahkan cek di website resmi masing-masing penyelenggara beasiswa internasional untuk informasi yang lebih lengkap, karena skor IELTS/TOEFL bukan satu-satunya persyaratan yang diminta untuk melamar beasiswa-beasiswa ini. Untuk Sahabat KAHERA yang berdomisili di Maluku Utara, khususnya wilayah Halmahera Utara, Morotai dan Halmahera Barat bisa berkordinasi dengan kami jika ingin mempersiapkan diri untuk tes IELTS/TOEFL. Good luck!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *