previous arrow
next arrow
Slider

Pahitnya Nonton Avenger-Endgame

Di hari Jumat 17 Mei 2019, saya akan berangkat ke kantor pusat perusahaan di Jakarta. Sebelum berangkat, saya mengajak salah satu saudara sepupu di Ternate untuk menyempatkan diri nonton film Avenger-Endgame (AE) di bioskop XXI-Jatiland Ternate. Film yang disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo memang sudah lama diincar. Hingga tulisan ini dibuat ada beberapa record yang dibuat oleh film ini seperti viewers trailers terbanyak dalam waktu 24 jam, ada 289 juta yang menonton trailer AE di Youtube. Kemudian AE juga menjadi film dengan pendapatan tertinggi kedua setelah Avatar. Setelah beli dua tiket, saya langsung balik ke hotel untuk siap – siap sambil menunggu sepupu saya yang akan datang karena film baru akan diputar pada jam 20:30. Dari hotel kami singgah sebentar untuk makan soto kemudian langsung meluncur ke bioskop. Suasana sudah sangat ramai dari mulai pintu masuk bioskop hingga tempat tunggu di masing – masing gate. Saya tidak akan menceritakan plot AE tapi secara keseluruhan film ini 100% recommended untuk Sahabat KAHERA yang penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) atau suka nonton film superhero. Jangan nonton bajakan atau streaming, rugi, sebaiknya nonton langsung di bioskop, euforianya beda.

Tiket XXI – Jatiland Ternate

Antusiasme dan ekspektasi yang tinggi untuk menonton film ini sangat bertolak – belakang dengan kenyataan yang terjadi. Bukan karena film ini tidak bagus tapi terganggu oleh beberapa penonton di bioskop yang tidak bertanggung – jawab. Kami duduk di barisan kedua paling belakang, kursi B-8 dan B-9, dan tetangga di sebelah saya adalah sepasang kekasih yang lagi nonton bersama. Sebenarnya saya tidak masalah terkait romantisme dua sejoli, karena itu urusan pribadi tapi yang bikin naik darah sepanjang film ini mulai diputar hingga selesai si cowoknya selalu memberikan spoiler. Entah karena ingin menunjukan betapa “pintarnya” dia atau sekedar sok – sokan ke pacar, tapi kebiasaan ini sangat mengganggu apalagi jika nonton dengan orang lain di bioskop. Bayangkan saja Sahabat KAHERA lagi nonton film baru, tapi semua jalan cerita disampaikan oleh teman yang saat itu lagi nonton sama – sama, mungkin lebih baik tidak usah nonton biar saja dia yang cerita. Saya merasa sangat terganggu karena film ini ditunggu – tunggu dari tahun lalu, bahkan “puasa” untuk tidak lihat spoiler di YouTube juga tidak gampang akses dari Tobelo ke Ternate hanya untuk nonton AE tapi dikacaukan oleh si “makhluk ajaib” ini.

Selain itu sebelum film ini berakhir, ada juga salah seorang lelaki yang duduk dibelakang kami menerima telpon dengan suaranya yang hampir setara dengan sound di bioskop. Saya mungkin akan menulis surat ke Ibu Menteri Susi agar orang – orang ini turut ditenggelamkan saja dengan kapal – kapal yang mencuri ikan di perairan Indonesia, mereka ini juga turut “mencuri” ketenangan para penonton yang lain di bioskop.

Sumber Gambar: Shutterstock

Sahabat KAHERA yang akan menonton di bioskop tolong perhatikan beberapa etika menjadi penonton yang baik karena bioskop adalah ruang publik jadi kita harus menghargai orang lain juga. Bioskop salah satu tempat orang untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau tempat mencari hiburan setelah sibuk dengan bekerja. Bukan tidak bisa bicara di bioskop tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya:

  1. Jangan merekam film dengan hp/handycam dsb di bioskop. Sesuai dengan UU No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Hukumanya bisa dipenjara 10 tahun dan denda 4 miliar.
  2. Jangan foto – foto menggunakan blitz saat film sudah mulai dan lampu telah dimatikan karena akan mengganggu penonton yang lain.
  3. Jika film itu sudah pernah nonton sebelumnya jangan diceritakan lagi di bioskop, simpan saja untuk diri sendiri.
  4. Handphone mode silent atau getar dan jangan menerima telp dengan suara yang keras sebaiknya keluar saja dulu karena tidak semua orang nyaman dengan suara kalian yang belum tentu merdu kayak Ariel – Noah.

Nah’ selain itu ada beberapa tips untuk bisa nyaman nonton di bioskop:

  1. Beli tiket online/offline lebih awal agar bisa memesan tempat duduk yang nyaman.
  2. Pilihlah tempat duduk yang paling ujung dekat dengan jalan utama agar saat ke toilet tidak kesulitan.
  3. Jika sering ke toilet sebaiknya pilihlah kursi di row tengah agar tetap nyaman untuk nonton dan tidak jauh jalan untuk ke toilet.
  4. Foto – foto / selfie sepuasnya sebelum lampu dimatikan dan film diputar.
  5. Perhatikan barang – barang bawaan dan jika datang dengan pasangan ingatlah dimana posisi pasangan Anda jangan sampai salah pegang tangan pasangan yang lain karena posisi duduk yang berdekatan. (GYH).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *