previous arrow
next arrow
Slider

Ancaman Togutil Akejira (Bag. 1)

Akejira adalah salah satu daerah, yang di diami oleh Suku Tobelo Dalam (Suku Togutil) di Kabupaten Halmahera Tengah. Suku Togutil pada umumnya suka berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lain, yang tidak terlalu berjauhan dari daerah asal. Beberapa tempat yang ditempati oleh suku asli Halmahera di Kabupaten Halmahera Tengah adalah Namo, Akejira, Komao, Mein, Sigi-sigi, Folajawa. Dari beberapa tempat yang ada, Suku Tugutil saat ini mendiami Folajawa.

Kehidupan sehari-hari suku Togutil dalam memenuhi kebutuhan hidup, mereka setiap harinya berburu di hutan mencari babi hutan dan rusa. Untuk mendapatkan hasil buruannya, mereka menggunakan, perangkap atau dalam bahasa Tobelo Dalam disebut Oh Modoi “. Selain itu mereka juga mencari, udang, belut, katak sungai, dll untuk dimakan sehari-harinya. Setiap hewan buruan yang di dapatkan, mereka biasa memasaknya dengan cara direbus dan dibakar, atau dalam bahasa mereka ” Hakai dan Haharo “ . Air yang biasa mereka minum adalah air pada umumnya dikonsumsi oleh kebanyakan orang, hanya saja cara mereka memasak air tersebut masih sangat tradisional yaitu dengan memggunakan Bambu.

Keluarga Suku Togutil (foto oleh Barlian)

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dengan berburu dihutan, beberapa bantuan sering mereka terima dari masyarakat sekitar maupun dari luar. Bantuan yang mereka terima biasanya seperti, beras, gula, kopi, mie instan, dan makanan ringan lainnya, untuk dimakan oleh anak-anak dari Togutil. Ada juga yang memberikan bantuan seperti peralatan dapur, pakaian layak pakai, kain sarung, tas, parang/golok, senter, tali dan lainnya. Walaupun demikian, beberapa pemberian dari masyarakat tidak mereka gunakan, karena pada dasarnya sudah terbiasa dengan keadaan mereka sebelumnya. (lanjut ke bag. 2)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enter Captcha Here : *

Reload Image