Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Dari Tobelo ke Australia (bag. 1)

Pengalaman mengikuti program Oz Team adalah pengalaman yang sangat langka untuk kami anak – anak Halmahera yang pada waktu itu baru saja terlepas dari konflik horisontal yang berkepanjangan di Maluku Utara. Saya secara pribadi bergabung di Politeknik Padamara karena “rayuan maut” teman – teman se-kompleks (bung Striter dan bung Yames) dengan iming – iming program spesial ke Australia dan juga karena memang saya tidak punya pilihan, hanya kampus tersebut yang bisa dijangkau oleh tabungan orang – tua saya.

Saat masuk kuliah saya memilih jurusan “jalan – jalan” kami menyebutnya demikian karena dalam jurusan Ekowisata hampir tiap saat kami ada di gunung, danau, pantai dan pulau – pulau di Halmahera Utara. Kuliahpun berjalan sebagaimana mestinya sampai saya bergabung dalam grup Oz Team pada semester II, kadang memang yang saya sesali kenapa tidak terlalu menikmati masa kuliah dengan pacaran karena se’ingat saya saat kuliah saya tidak pernah sibuk dengan makhluk yang sering disebut cantik itu, mungkin karena tidak ada yang suka atau mungkin juga karena pada waktu itu saya agak sibuk dengan kerja part time sebagai penyiar radio swasta, anyway biarlah yang lalu berlalu bersama kenangan.

DSC03970

Kegiatan praktek lapangan di pantai desa Luari

Di program OZ Team saya banyak tahu tentang dunia luar. Dalam pemahaman saya “dunia luar” yaitu paling tidak keluar dari Maluku Utara karena memang dengan latar – belakang keluarga yang sangat sederhana kami jarang bepergian. Saya pertama kali naik pesawat saat kami medical check up (MCU) di Makassar, sekitar bulan September 2007, dan ternyata bukan hanya saya hampir sebagian besar teman – teman satu grup juga belum pernah naik pesawat, rasanya? jangan ditanya karena pasti banyak pengalaman lucu yang tidak bisa saya sebutkan karena menyangkut harkat dan martabat orang banyak. Kami juga menyempatkan diri mampir di Jakarta sebelum tinggal landas ke Melbourne via Sydney. Berfoto di monas jadi kebanggaan yang luar biasa untuk anak – anak kampung seperti kami yang pertama kali menginjakan kakinya di ibukota Indonesia ini.

DSC04092

Oz Team III Boys di depan Monas

Sebelum kami menginjakan kaki di Jakarta  dan kemudian lanjut ke Australia, kami harus melalui berbagai proses seleksi dan pelatihan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di Australia yang tentunya tidak gampang, kami bahkan pernah ditunda keberangkatan satu tahun karena pergantian pemerintahan di Australia namun karena keinginan besar untuk berubah dan menjadi agent of change di kampung masing Рmasing segala macam rintangan bisa dilewati, meskipun belum selesai rintanganya karena saat di Australia the adventure is just begin!

(Next post akan lebih banyak cerita tentang Australia, terima kasih telah membaca).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *