Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Homecoming; Acara Tahunan Kampus di Amerika

Homecoming adalah tradisi tahunan yang biasanya diadakan di universitas, community college atau sekolah menengah atas (SMA) di Amerika. Tradisi ini sangat unik karena sebagai acara untuk mengundang alumni datang di kampus, juga sebagai proses perkenalan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru di Amerika. Kegiatan ini biasanya di adakan pada semester Spring (sekitar bulan Oktober hingga awal pertengahan Desember). Kebetulan saya adalah anggota dari Council of Student Leader (CSL) atau semacam Badan Eksekutif Mahasiswa di kampus Scottsdale Community College, jadi saya dan teman – teman di CSL berkesempatan untuk terlibat langsung dalam perencanaan acara “Homecoming” dari awal hingga akhir yang dimulai dari tanggal 8 hingga 10 Oktober 2015. Panitia inti dari acara ini dibentuk langsung oleh pihak kampus, dan kami khusus di bagian tertentu, misalnya mengawasi lokasi permainan, stan foto dan membagikan makanan gratis. Tema tahun ini adalah “Peace, Love & Artie”, dan aksesoris yang digunakan yaitu bergaya 70an. Acara selama tiga hari dibagi sebagai berikut:

Pizza Gratis di hari Pertama

Ini adalah hari pembukaan yang sangat ramai pengunjung, bukan cuma mahasiswa atau alumni tapi masyarakat sekitar juga bisa bebas datang berkunjung. Lokasi kafetaria dipenuhi oleh meja – meja, mulai dari program – program yang ditawarkan di kampus, informasi klub – klub di kampus, bagian administrasi hingga bisnis lokal datang untuk mempromosikan produk mereka di acara ini. Yang membuat saya salut adalah yang menjaga meja masing – masing adalah para pengajar atau professor di kampus ini, dan rata – rata bukan mahasiswa, mungkin karena mereka ingin memberikan informasi yang detail kepada mahasiswa atau pengunjung yang datang bertanya. Dari CSL kami juga bertugas mengawasi berbagai macam permainan, stan foto, dan juga menyediakan pizza, pop corn dan softdrink gratis.

Day 1

Kiri atas: mahasiswa dengan gaya 70an. Kanan atas: softdrink gratis. Bawah: Stan Foto

American Idol di kampus pada hari Kedua

Di hari yang berikutnya ada kegiatan “Artie Idol” atau American Idol versi kampus Scottsdale C.C. dibagi atas dua kategori “Rock Star” untuk penyanyi yang sudah berpengalaman dan “Rising Star” untuk yang baru mengikuti kompetisi ini. Mulai dari solo, duet, trio hingga vokal grup bergantian naik panggung, dari tim volley ball hingga staf kampus semuanya berpartisipasi. Awalnya saya berharap suara – suara seperti Miley Cyrus atau Beyonce bakal menggempar panggung, ternyata banyak juga yang naik panggung dan hampir membuat saya lari karena suara mereka yang tidak seragam dengan nada musik yang diputar.

DSC_0017

Vokal grup di Artie Idol

Penutupan dengan Pertandingan Football

Acara penutupan yang ditutup dengan pertandingan football antara Pima vs Scotsdale C.C., diawali dengan tailgate. Istilah “tailgate” menurut informasi yang dibagikan oleh bebarapa orang adalah semacam acara piknik bersama dengan barbeque atau hotdog, yang selalu diadakan sebelum pertandingan football dimulai. Di hari terakhir ini kami membagikan beberapa aksesoris di meja – meja yang tersebar, kemudian saya dan salah seorang teman dari Pakistan, Ajmal bertugas menjaga sekaligus membagikan makanan dan softdrink gratis kepada pengunjung. Bagian terbaik saat kuliah di Amerika yaitu makanan gratis tersebar dimana – mana asalkan saat di kampus harus pintar – pintar terlibat dalam berbagai acara, karena selain makanan gratis bisa menambah pertemanan. (Facebook: Glend)

DSC_0056

Piknik bersama sebelum pertandingan Football

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *