Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Proses MCU di Beasiswa CCI

Medical Check-up dan Vaksinasi

EloPendaftaran beasiswa Community College Initiative Program (CCIP) boleh dikatakan gampang-gampang susah. Kenapa demikian? harus membutuhkan tekad dan semangat yang tak’ putus-putusnya agar bisa berhasil. Saya hendak berbagi pengalaman dalam tulisan ini. Salah satu persyaratan dari beasiswa tersebut adalah Medical Check Up (MCU) atau tes kesehatan yang dilaksanakan sekitar tanggal 16 Februari hingga deadline mengirimkan berkas MCU pada tanggal 13 Maret 2015 untuk CCIP periode 2015/16. Dalam tes kesehatan ini mencakup vaksinasi Measles Mumbs Rubella (MMR) dan Diptheria Pertussis Tetanus (DPT), dan pemeriksaan umum lainya seperti jantung, ginjal, mata, hidung, telinga atau pemeriksaan THT, X-ray dan TB-skin atau pengecekan penyakit  Tubercolosis (TBC). Repotnya adalah rumah sakit yang kita tuju tidak menyediakan vaksinasi khusus orang dewasa, seperti diketahui orang pada umumnya vaksinasi hanya diperuntukan bagi bayi atau balita. Apalagi di wilayah Maluku Utara kebanyakan institusi kesehatan belum akrab dengan program beasiswa luar negeri. Hal inilah yang membuat kami kesulitan menemukan vaksin di kota Tobelo, Maluku Utara. Semua informasi coba kami kumpulkan untuk memastikan dimana harus melakukan check-up, bahkan dokter praktek telah kami datangi di seluruh kota Tobelo dan hasilnya nihil. Sementara batas waktu yang diberikan sangat singkat dari penerima beasiswa setelah berdiskusi dengan teman saya, akhirnya kami memutuskan untuk ke Ternate. Beruntung salah satu rumah sakit di Ternate menyediakan vaksin untuk orang dewasa. Tepatnya di rumah sakit Ibu dan Anak ANANDA, Jl. Hasan Esa. Biaya yang lumayan besar membuat kantong kering setelah check-up. Tapi apalah artinya biaya yang besar jika nanti hasilnya dinikmati ketika di Amaerika.

Untuk teman – teman yang melamar beasiswa ini dan akan masuk ke tahap MCUada beberapa tips yang ingin saya bagikan untuk anda:

  1. Cari informasi terlebih dahulu mengenai rumah sakit yang menyediakan vaksin, sebaiknya sebelum Anda menerima email untuk MCU.
  2. Cari informasi di klinik, apotek atau dokter praktik di kota Anda yang biasanya melayani vaksin orang dewasa.
  3. Bila Anda di kota Tobelo, kab. Halmahera Utara, ada salah satu apotek di Jln. Kemakmuran yang menyediakan vaksin tetapi harus dipesan dari Manado, jadi atur jadwal agar bisa sesuai dengan jadwal kapal dari Manado-Tobelo.
  4. Sebaiknya vaksinasi dan pemeriksaan umum dilakukan di kota yang sama, agar menghemat biaya.
  5. Bila sudah memutuskan untuk melakukan check-up, pastikan memilih paket pemeriksaan umum yang sesuai dengan kebutuhan, periksa kembali formulir yang dikirim oleh AMINEF, jangan mengambil tes kesehatan yang tidak dibutuhkan.

Itulah beberaba tips dan pengalaman saya. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sukses! (Facebook: Elois)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *