Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Program Oz Team Padamara

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world” Nelson Mandela

Program Oz Team Padamara pertama kali mengirimkan pesertanya berjumlah 14 mahasiswa ke Shepparton, Negara Bag. Victoria pada tanggal 1 Januari tahun 2006. Shepparton disebut sebagai “food bowl of Australia” atau lumbung makanan Australia karena memiliki berhektar – hektar lahan untuk produksi pertanian dan peternakan. Kebun apel berjejeran sepanjang jalan dan peternakan domba atau sapi dapat ditemukan dengan mudah di kota ini. Pemilihan kota ini sebagai program pelatihan dan magang karena disesuaikan dengan karateristik pulau Halmahera yang sebagian besar adalah┬álahan pertanian/perkebunan yang dikelolah secara tradisional oleh penduduk lokal.

Program ini awalnya di inisiasi oleh bapak Dr. Marthin Nanere, seorang dosen senior di La Trobe University Australia yang juga adalah anak dari bapak Prof. J.L. Nanere, pendiri Politeknik Padamara. Beliau mencoba membangun kerja – sama dengan salah satu perguruan tinggi di Shepparton, GO TAFE untuk melaksanakan program pelatihan dan magang kepada anak – anak Halmahera yang pada waktu itu adalah korban konflik dan pengunsi di Halmahera Utara. Tujuanya untuk peningkatan kapabilitas melalui pengalaman kerja dan pelatihan selama kurang lebih 6 bulan di Australia.

Hingga sekarang sudah ada lebih dari 140 orang alumni program ini yang telah bekerja di berbagai bidang pekerjaan di Maluku Utara: di bank, PNS, karyawan swasta, LSM internasional, guru, dosen dsb. Donna Harper adalah seorang guru senior di Australia yang sejak awal program turut terlibat dan mendedikasikan hidupnya untuk pengembangan kapasitas anak muda di Halmahera. Dia adalah penanggung – jawab program ini dan juga sebagai direktur dari Yayasan Oz – Indo, sebuah Yayasan yang sekarang menangani program Oz Team di Politeknik Padamara.

Persyaratan Menjadi Peserta Program Oz Team

  1. Menjadi mahasiswa jurusan Agroforestri di Politeknik Padamara Tobelo. Minimal sudah berada di semester III. Untuk jurusan Manajemen Bisnis dan Akuntansi bisa mendaftar saat sudah berada di semester akhir.
  2. Bisa berbahasa Inggris dengan baik.
  3. Lulus administrasi berkas.
  4. Sehat jasmani, mental dan rohani.
  5. Mampu bekerja – keras, memiliki inisiatif dan bisa bekerja dalam tim.

Time Line Program

Juni – Juli : Pendaftaran, proses seleksi administrasi dan wawancara peserta

Januari – Februari : Tes kesehatan umum

Maret – Juni : Pengurusan paspor dan visa untuk keberangkatan

Juli – Agustus : Pemantapan peserta sebelum keberangkatan

Akhir November : Berangkat ke Australia

Setelah peserta lolos dalam proses seleksi di bulan Juli, calon peserta wajib mengikuti kegiatan pelatihan dan simulasi pekerjaan selama 1 tahun untuk dapat beradaptasi dengan iklim dan lingkungan tempat tinggal di Australia. Biasanya dalam fase ini banyak mahasiswa yang mengundurkan diri karena tidak mampu beradaptasi dengan pengelolaan waktu, kedisiplinan, target kerja yang telah ditetapkan oleh tim pengurus Oz Team.

Untuk yang berminat khususnya untuk teman – teman yang masih di tingkat SMA/SLTA/MTa disilahkan untuk bergabung dulu dengan Politeknik Padamara, pilih jurusan impian kalian dan raih mimpi kalian untuk dapat magang kerja di Australia. Good luck!

10408783_794472717298002_2400137009006969753_n

Grup Oz Team 10 di Melbourne

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

5 Responses

  1. Eny Liebe says:

    Good teamwork program

  2. Batseba Tjie says:

    Karena dari program ini membuat saya lebih mandiri, saling memahami karakter masing2 teman, membentuk kerja tim yang baik & kompak, membuka wawasan berpikir saya yang lebih luas, dan masih banyak lagi terutama dengan program ini saya bisa sampai di negara bagian Australia – Victoria. padahal saya tidak bermimpi akan sampai ke negeri Kanguru ini. Ayo teman2 yang belum berkesempatan ke tempat ini, gabung dengan OZ TEAM ya..!

  3. Kalau boleh tahu, apakah program Oz ini membuka peluang yang lebih besar buat kawan-kawan Poltek. bolehkah dishare? Bagiamana anda melihat konsep Integrated farming yang dikembangkan saat ini? Apakah anda melihat kepemimpinan Ibu Eton akan bisa membawa Poltek ke arah lebih baik?

    • Hallo salam kenal pak Ruby. Sy sdh lama tdk di Politeknik Padamara krn sdh bekrja di prushaan swasta, yg sy tw mmg program ini dikhususkan utk wil. Malut utk pngembangan anak2 lokal dsni, namun pak Ruby bisa lgsg menghubungi ibu Eton atw ibu Ana terkait hal ini. Sy bhkan tdk tw siapa yg memimpin Padamara saat ini krn kebetulan msh di U.S. & biasanya hanya terlibat di program Oz Team, tdk scra luas di kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *