Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

5 Alasan Gabung dengan Club Kampus di Amerika

Di Amerika rata – rata seluruh universitas atau community college memiliki club, atau organisasi kemahasiswaan yang jenis organisasinya beragam. Saya berikan contoh, di kampus saya di Scottsdale Community College, ada sekitar 28 club dan tambahan 4 club yang baru diresmikan tahun ini. Saya sendiri bergabung dengan dua club, Council of Student Leaders (CSL) sejenis Badan Eksekutif Mahasiswa di Indonesia dan Creative Connect club, organisasi khusus untuk para peminat fotografi dan desain grafis. Saya pilih 10 club di SCC sebagai contoh, yang mungkin bisa menjadi referensi jika Anda berencana kuliah di Amerika. Info lengkapnya bisa langsung cek di website kampus masing – masing.

  • Collegiate DECA
  • Council of Student Leaders
  • Creative Connect
  • Hospitality & Tourism Club
  • Inventors Club
  • Male Empowerment Network (MEN)
  • Music Industry Club
  • Outdoor Adventure Club
  • Christian Club
  • Robotic Club

Jumlah club tergantung ukuran universitas atau community college. Semakin banyak jumlah mahasiswa, semakin banyak pula club tersedia. Pendaftaran club biasanya di awal semester, Anda tinggal mengisi formulir yang berisi data personal, kemudian nanti akan di hubungi untuk jadwal pertemuan. Untuk posisi tertentu, misalnya di semester ini karena saya melamar di posisi eksekutif, sebagai Public Relations Co-Manager di Council of Student Leaders jadi saya harus di wawancara terkait dengan posisi tersebut. Selain daripada itu, selama di CSL jika menjabat di posisi eksekutif Anda harus mengalokasikan 5 jam perminggu untuk rapat dan bekerja di kantor di kampus. Di club yang lain biasanya lebih fleksibel tidak seperti di CSL karena harus bertanggung Рjawab sebagai perwakilan mahasiswa di kampus. Lalu apa untungnya bergabung dengan club kampus di Amerika? Baik saya akan coba uraikan satu persatu:

  1. Menjalin pertemanan dan membangun jaringan. Dengan bergabung dengan club di kampus, selain mendapatkan pengalaman baru, Anda akan mendapatkan banyak teman, bisa berkenalan dengan dosen – dosen yang menjadi advisor club yang akan mempermudah selama kuliah di Amerika.
  2. Mengurangi stres. Jumlah tugas – tugas yang super menumpuk di kampus, club bisa jadi tempat berbagi.
  3. Pengabdian masyarakat. Di setiap club biasanya ada program pengabdian masyarakat atau volunteer yang dilaksanakan setiap minggu. Kegiatan ini bisa jadi inspirasi untuk di aplikasikan di kampung halaman Anda.
  4. Melatih jiwa kepimimpinan. Anda akan diberi banyak kebebasan untuk berkreasi dan bahkan memimpin kegiatan di club yang akan berguna untuk pengembangan diri.
  5. Menambah pengalaman organisasi di resume. Pengalaman selama di club pasti akan sangat berguna dan membedakan Anda dari yang lain saat di taruh di resume untuk melamar kerja.

Demikian info yang bisa saya bagikan, silahkan “like” atau “comment” jika ada pertanyaan lanjutan, akan dijawab sesuai dengan kemampuan saya. Saya lampirkan video singkat terkait aktifitas di Council of Student Leaders club periode Fall, 2015 di kampus Scottsdale C.C., enjoy! (Facebook: Glend)

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *