Arrow
Arrow
group-photo-after-journalism-workshop
Slider

Amerika, Saya & Stereotype

Siang itu sekitar pukul 1 waktu Arizona, setelah menyelesaikan ujian akhir di kampus, saya dan salah seorang teman yang berasal Afrika (Pantai Gading) bersamaan naik bis melewati jurusan lain kerena kami akan melanjutkan dengan bis berikut ke salah satu toko di Scottsdale. Saat masuk di dalam bis, suasana sangat sepi, hanya kami bertiga termasuk supir bis, seorang wanita berumur sekitar 40an. Kebetulan teman saya yang adalah orang Indonesia menelpon jadi saya berbicara sekitar dua menit dalam bahasa Indonesia. Setelah selesai bercakap-cakap dan menutup telpon, sang supir bertanya “where are you from?”, saya kemudian menjawab “I am from the Southeast Asia, Indonesia”, sang supir menyambut dengan berkata “I think you’re speaking Fillipino”, saya menjawab sambil berusaha untuk bersikap persuasif  “no, maybe it’s similar but I was speaking Indonesian”, belum selesai menjawab sang supir kemudian bertanya yang hampir membuat saya tidak bisa menelan ludah “are you always late?”. Setelah melontarkan pertanyaan itu, sang supir menjelaskan panjang lebar kalau dia memiliki seorang teman dekat, orang Filipina dan temanya ini selalu terlambat. Janjian jam 4 sore, temanya datang jam 6 sore dan bukan hanya sekali namun berkali-kali. Hati saya hancur berlebur lebur, bukan karena ceritanya tapi karena belum sempat menjelaskan kalau tidak semua orang Filipina atau masyarakat se-Asia Tenggara suka terlambat, tiba-tiba bis sudah sampai di tujuan dan kami harus turun. Akhirnya teman saya yang orang Pantai Gading jadi korban penjelasan saya bahwa tidak semua orang Asia Tenggara selalu terlambat.

stereotype_map_by_pokemonarenaart-d6kp9vb

Ilustrasi cara pandang orang Amerika terhadap bangsa lain

Saya sebut ini sebagai “stereotype”, pengertian stereotype adalah “a widely held but fixed and oversimplified image or idea of a particular type of person or thing” atau menurut urbandictionary.com “Stereotyping is when you judge a group of people who are different from you based on your own and/or others opinions and/or encounters”. Pemahaman saya stereotype adalah suatu pemikiran atau gambaran yang terlampau menghakimi sekelompok orang (suku bangsa/negara) melalui pengalaman pribadi dengan seseorang atau beberapa orang. Stereotype bisa saja positif ataupun negatif tergantung dari perspektif tiap orang. Saya percaya tidak hanya di Amerika terdapat stereotype, di setiap negara bahkan kita di Indonesia-pun selalu ada stereotype di antara provinsi atau suku dari Sabang ke Merauke. Kali ini saya hanya membahas tentang beberapa stereotype yang berkembang di masyarakat Amerika bersamaan dengan pengalaman pribadi selama beberapa bulan tinggal di Arizona juga dari salah satu website yang sangat bermanfaat tentang isu stereotyping, www.nationalstereotype.com, website ini memuat beberapa tulisan tentang stereotype orang Amerika atau di antara negara – negara di dunia.

  1. Pandangan orang Amerika terhadap Meksiko

Negara yang berbahaya untuk dikunjungi karena dekelilingi para kriminal dan bos narkoba, rata-rata pria adalah pemabuk, taat beragama, penyayang keluarga, semua wanita seperti Salma Hayek, imigran gelap, pemalas, para wanita gampang diajak berkencan, ramah, sumber makanan lezat (tortillas, burritos dsb), pekerja kasar dan pekerjaan yang dikerjakan oleh orang Meksiko jarang bisa diselesaikan.

Mexican_image

Salah satu meme di Amerika tentang Meksiko

  1. Pandangan orang Amerika terhadap orang Asia khususnya Cina

Pekerja keras, gampang beradaptasi, pintar berhitung, pemakan segala yang bergerak di bumi, tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, setiap produk yang “made in China” adalah palsu, ambisius, jago kung-fu, pembajak dan peniru, suka bisnis, sombong dan uang diatas segala-galanya.

Cina_image

Meme tentang Cina

  1. Pandangan orang Amerika terhadap bangsa Afrika khususnya Afrika Selatan

Negara miskin dan berbahaya untuk dikunjungi, rasisme masih tumbuh subur, banyak hewan buas,  materialistik, suka menonton tv, banyak pria maskulin, suka bernyanyi dan berdansa, penyakit menular dimana-mana, egois dan sangat menikmati hidup.

Africa

Meme tentang Afrika

Tidak semua stereotype diatas adalah benar. Misalnya sampai sekarang saya sering dengar negara Meksiko sangat berbahaya untuk dikunjungi padahal hampir setiap saat masyarakat di Arizona berlibur ke Meksiko karena pemandanganya yang menakjubkan, aksesnya gampang dan biayanya yang murah. Terkait orang Asia, kebanyakan yang saya dengar bahwa kita adalah pekerja keras, dan biasanya lebih sukses dibandingkan suku asli Amerika atau bangsa latin. Ini bisa saja benar bisa saja tidak tergantung tiap individu, karena pastinya sebagai orang Asia atau khususnya Indonesia jika sampai merantau jauh pasti harus berusaha maksimal untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Terkait dengan Afrika, Afrika sebenarnya bukanlah negara miskin, sumber daya alam mereka sangat melimpah namun karena perang etnis dan situasi politik yang tidak menentu membuat beberapa negara-negara di benua Afrika sulit berkembang. Saya memiliki beberapa teman yang adalah orang Afrika, termasuk teman baik saya disini. Pandangan saya terhadap mereka, adalah pekerja keras, rata-rata bisa berbahasa Inggris dengan sangat baik, bahkan memiliki bahasa pengantar kedua misalnya bahasa Perancis.

Sekali lagi ini hanya menambah pengetahuan dan tidak semua orang Amerika memiliki stereotype terhadap orang lain seperti yang saya gambarkan diatas. Saya yakin jika Anda yang membaca artikel ini belum pernah ke Indonesia Timur khususnya daerah Maluku/Maluku Utara, saat saya bilang saya dari Maluku, kemungkinan di pikiran Anda: hitam, keriting, Glenn Fredly, bisa menyanyi, romantis, hutan, pulau, para pria bertato, debt-collector dsb. Padahal daerah Maluku/Maluku utara orang-orangnya sangat beragam dan tidak semuanya bisa bernyanyi, jadi sebaiknya jangan terlampau menilai sekelompok orang/bangsa hanya dari individu atau bahkan mendengar dari yang lain. (Facebook: Glend)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *